Home » Kaleidoskop » Yang Telah Terjadi di Tahun 2023

Yang Telah Terjadi di Tahun 2023


31 Desember 2023·Maulana Ahsan·11 min read


Postingan perdana tentang apa apa yang telah gw alami di tahun 2023 ini, dan mungkin kedepan nya akan gw bikin per bulan, biar lebih jelas moment nya...

Ini pertama kalinya gw bikin postingan tentang apa apa aja yang terjadi di tahun ini, karena menurut gw kayaknya butuh satu arsip yang mungkin di masa depan bisa gw buka lagi untuk melihat apa yang telah terjadi.

Meskipun gw mulainya di 2023 yang mana posisi gw sekarang umur 25 tahun ya, cuman gak papa lah dimulai dari sekarang.

Mungkin kedepan nya gw akan post setiap sebulan sekali, biar moment nya lebih tercatat di blog ini, dan tujuan gw ya cuma buat dokumentasi pribadi, gak ada yang baca juga gak masalah, gak usah dibaca deh ges, gak penting buat lu wkwk, cuma kepentingan pribadi gw aja.

Cuma ngumpulin hal hal yang gw inget aja sih.

Januari 2023

BBQ Bareng Temen Kantor + Nonton Kembang Api dari Kantor

Tanggal 1 diawali dengan bakar bakar daging di kantor bareng sama temen temen yang emang gak ada jadwal libur tahun baru, emang tim kami siap siaga 24/7 menjaga operasional kepelabuhanan.

Bakar bakar di awal tahun baru 2023

Operasi Kalazion

Gw tuh dari bulan Juli 2022 tuh ngalamin bintitan, awalnya kecil cuman karena dianggap sepele akhirnya makin parah dan gw mulai periksa di RSUD rutin sejak bulan Agustus 2022, sampe akhirnya di Januari 2023 diputuskan untuk operasi agar kalazion nya bisa sembuh.

Berikut ada dokumentasi sedikit, ketika habis operasi dan beberapa hari pasca operasi.

Setelah Operasi Beberapa Hari Setelahnya
Setelah Operasi Beberapa Hari Setelahnya

Oke, lanjut ke bulan Februari

Februari 2023

Lulus JLPT N2

Bulan desember 2022 gw iseng aja ikut JLPT setelah vakum gak ikut ujian dua setengah tahun, dan kali ini ikut di level N2, ternyata diluar ekspektasi gw bisa lulus meskipun dengan nilai yang amat sangat mepet.

Gw menyebut ini kehokian, karena emang bener bener gak nyangka banget bisa lulus N2, tanpa belajar sama sekali.

Outing ke Sukabumi

Lalu di bulan februari ada kegiatan outing bersama dengan tim di kantor, ikut beberapa games dan kegiatan seru lainya yang belum pernah gw coba sebelumnya, misalnya pain ball dan rafting di sungai.

Meskipun ya ada embel embel ngomongin resolusi setahun kedepan, namanya juga acara kantor. Di part ini kayaknya gw sertakan banyak foto buat kenangan aja.

Makan malam dan acara doorprize Pain Ball Rafting Rafting

Maret 2023

Tidak banyak hal yang terjadi di bulan maret, kebanyakan hanya menjalani rutinitas wkwk.

Memuai Volly Rutin di Kantor

Paling hal yang bisa disimpen di tulisan ini adalah mulai rutin maen volly di kantor bersama dengan kawan kawan, biar ada olahraganya lah, kerja kebanyakan duduk, jadi perlu juga peregangan biar tetep stamina prima.

Mulai rutin main volly

April 2023

Pengambilan Sertifikat JLPT N2

Bulan april diawali dengan pengambilan sertifikat JLPT yang sebelumnya gw ceritain, akhirnya sertifikatnya di tangan. Meskipun sejujurnya gw belum tau mau gw gunain buat apa, karena emang niatnya iseng iseng aja.

Dapat Sertifikat JLPT N2

Bukber Bersama Temen Temen Kantor

Bersama melakukan transformasi digital di bidang kepelabuhanan, bersama melakukan buka bersama untuk tahun 2023 wkwk

Tahun lalu gw masuk kantor di akhir ramadhan, jadi belum kenal sama orang orang di kantor dan belum bisa ngadain acara kayak gini.

Bukber 1 Bukber 2
Bukber 1 Bukber 2

Pulang Kampung Setelah Satu Tahun

Gw merantau ke Jakarta start di akhir april 2022, dan dengan sangat berat gw gak bisa pulang kampung pas lebaran 2022. Beberapa alasan yang bikin gw milih gak pulang.

  1. Baru nyampe Jakarta.
  2. Belum gajian.
  3. Tiket udah langka dan mahal.

Ternyata lebaran di Jakarta itu susah banget cuy, orang orang dagang pada tutup dan nyari makan susah, gw di Jakarta gak ada siapa siapa, belum kenal temen juga. Bener bener jadi orang sebatang kara.

Pas video call sama orang rumah sampe mau nangis karena ngerasa di Jakarta kesepian banget di momen momen yang harusnya gw ikut merayakan di kampung.

Intinya berat lah...

Akhirnya lebaran 2023 gw bisa pulang meskipun dengan embel embel WFH karena layanan kepelabuhanan kan memang tidak ada liburnya, jadi tetep stand by kalau dibutuhkan.

Alhamdhulillah banget gw bisa melewati masa masa sulit itu.

Arus Mudik Pemandangan Belakang Rumah
Arus Mudik Pemandangan Belakang Rumah

Mei 2023

Memulai Perkerjaan Paruh Waktu

Pada awalnya gw kan selalu gak relate sama temen temen yang punya double atau bahkan tripple job, cuman ternyata setelah waktu berlalu sebagai seorang perantau di Jakarta, gw akhirnya ngerti kenapa orang orang kerja sangat keras.

Akhirnya gw memutuskan untuk mengambil sebuah job part time untuk mengurus website perusahaan yang bergerak di bidang edukasi videografi.

Alhamdhulillah sampai tulisan ini gw tulis, masih jalan job nya.

Pertama Kali Mensetsu dengan User Orang Jepang di depan mata

Untuk pertama kalinya gw nyoba mensetsu (interview) dengan user orang Jepang, dan langsung tatap muka.

Gw kesana karena diajak oleh temen gw @kisekinosenpai yang sekarang sudah kerja sebagai manager toko di sebuah restoran di Jepang. Sayang sekali gw belum bisa nyusul untuk mulai hidup di Jepang juga. Masih banyak pertimbangan.

Dokumentasinya cuma dikit, paling ini sebelum kita melakukan interview.

Pertama Kali Nyobain Bowling

Setelah mensetsu selesai, kita bertiga memutuskan untuk mencoba bowling dan nongkrong mumpung ketemu bareng bareng di Jakarta. Bagi gw, saat itu adalah kali pertama gw mencoba bowling, dan ternyata tidak sesusah itu.

Gw bisa menyesuaikan dengan cukup mudah, hasil akhirnya juga gak buruk lah.

Skor Bowling

Semoga next time kita bisa bowling bareng lagi...

Juni 2023

Beli Tiket Dufan dan Beli Tiket Konser

Bulan Juni 2023 adalah bulan yang cukup menyenangkan, meskipun spending money nya juga cukup banyak dibandingkan dengan pengeluaran gw biasanya.

Ini adalag screenshoot akun tiket.com gw, beli 2 item saja tapi cukup lumayan nominalnya.

  1. JKT48 Summer Festival - Kingyou (Presale) - Rp. 850.000
  2. Tiket Masuk Dufan 1 Tahun - Rp. 350.000

Pengeluaran Tiket.com Juni 2023

Pertama Kali ke Dufan

Dilanjutkan dengan maen ke Dufan bareng temen temen di kantor, tentu saja ini pengalaman yang menyenangkan karena banyak hal baru yang gw coba, meskipun banyak wahana yang sejujurnya belum bisa gw nikmatin.

Momen yang menyenangkan sebelum datang gempuran pekerjaan setelah ini.

Dufan Siang Dufan Malam
Dufan Siang Dufan Malam

Juli 2023

JKT48 Summer Festival

Pada bulan ini, adalah yang merubah banyak sudut pandang gw tentang nonton konser dan ngidol.

Bulan dimana gw mulai merasa nyaman lagi menonton JKT48 dan juga menemukan cara untuk stress release dari berbagai masalah hidup, penuh dengan lika liku tentu saja, udah gw tulis lengkap di artikel Kembali ke Masa Lalu.

JKT48 Summer Fest Selesai Konser
JKT48 Summer Fest Setelah Konser

Ke Dufan Lagi

Lalu setelah itu gw juga pergi ke dufan lagi untuk kedua kalinya, dan untuk yang sekarang gw udah mulai terbiasa dan bisa menikmati wahana wahana yang ada disana, misalnya kora kora, halilintar, tornado dan lainya.

Next time udah berani untuk mencoba semuanya sih ini...

Dufan Juli 2023 Kora Kora Juli 2023

Agustus 2023

Menang Kompetisi Volly di Kantor

Karena di kantor udah ngadain acara volly rutin, jadi ketika ada event 17 agustus dibuat event kompetisi volly yang di ikuti semua divisi yang ada di kantor.

Tanpa diduga tim gw bisa memenangkan kompetisi ini meskipun hanya juara 3, lumayan lah buat kebanggaan dan dapet hadiah kecil buat liburan ke puncak.

Menang Volly 1 Menang Volly 2

Ke Puncak Bersama Temen Temen PLY

Karena udah di plan untuk acara outing untuk anak anak divisi pelayanan, akhirnya di gass lah ke puncak selama 3 hari 2 malam. Amat sangat menyenangkan, karena jadi salah satu moment yang bisa di ingat di tahun 2023.

Banyak kejadian unik yang terjadi, dan membuat hubungan kita kita semakin erat.

Foto dari story, karena file aslinya hilang karena file ke reset :(

Ke Puncak Bareng Temen Temen PLY

Top Up JKT48 Points Pertama Kali

Setelah kejadian JKT48 summer fest, gw dihantui oleh konten konten JKT48 yang membuat gw semakin dalam di dunia per idolan, sampai akhirnya gw daftar user di website resmi JKT48 karena pengen nyoba nonton theater.

Ini adalah top up point pertama kali gw untuk JKT48.

Pertama kali top up JKT48 pounts

September 2023

Perjalanan Dinas ke Nunukan, Kalimantan Utara

Pada bulan September gw diberikan kesempatan untuk mengikuti perjalanan dinas dalam rangka persiapan implementasi aplikasi transformasi pelabuhan, dan kebagian di bagian paling utara Indonesia, berbatasan langsung dengan Malaysia.

Yaitu pulau Nunukan di Kalimantan Utara. Karena tempatnya sangat dekat dengan perbatasan Malaysia, akhirnya kita juga memutuskan untuk membuat passport biar bisa ke luar negeri.

Cukup menyenangkan, meskipun disana berasa kayak kembali ke masa lampau karena banyak hal yang ada di Jawa tapi tidak ada di Nunukan.

Sampai Ke Nunukan Membuat Passport
Sampai ke Nunukan Bikin Passport di Nunukan

Oktober 2023

Perjalanan Dinas ke Tanjung Balai Asahan, Sumatra Utara

Tidak disangka, untuk bulan selanjutnya gw juga di assign untuk perjalanan dinas kembali, kali ini di Tanjung Balai Asahan yang ada di Sumatra Utara.

Kepentingan nya sama, yaitu untuk melakukan persuiapan go live aplikasi transformasi kepelabuhanan, terutama di Marine Solution.

Dinas ke Tanjung Balai Asahan

Update Keanggotaan ke OFC JKT48

Dikarenakan di interval bulan agustus sampai oktober banyak sekali event yang hanya bisa di apply oleh official fan club, akhirnya gw memutuskan untuk upgrade jenis keanggotaan, meskipun benefitnya tidak terlalu terasa.

Upgrade Keanggotaan ke OFC

November 2023

Gagal Dapet Tiket Konser Anniversary ke 12th JKT48

Gw dan dua temen gw udah merencanakan untuk trip akhir tahun ke Surabaya demi nonton konser anniversary JKT48, plan nya kami bikin sejak setelah konser summer fest di Juli 2023.

Cuman sayangnya kami harus bersaing dengan 15jt fans, yang mana kita mencoba untuk war sebanyak 3 kali. Presale OFC, Presale general dan harga normal.

Tiga tiganya gagal, dan kami pun hanya bisa pasrah, karena tidak semua hal yang kita inginkan bisa kita dapatkan.

Tidak ada screenshoot disini, hanya sebuah kesedihan saja.

Nonton Pabrik Speaking di Cikarang

Bulan november ditutup dengan datang ke sebuah acara stand up comedy tahunan yang diadakan oleh stand up indo cikarang, gw nonton karena dapet undangan temen gw yaitu @hutam.sensei yang merupakan salah satu performer di acara tersebut.

Gw bangga dan support dengan hobby dan mungkin akan jadi jalur karir temen gw, sama gw juga penikmat stand up comedy, jadi ya tanpa pikir panjang gass nonton.

Pabrik Speaking Cikarang 2023

Desember 2023

Nyoba Ikut JLPT Level N1

Gw iseng dan nekat untuk mengambil ujian JLPT untuk level N1, dimana itu adalah level tertinggi pada ujian kemampuan bahasa Jepang tersebut.

Nekat banget nantang last boss tanpa persiapan, ibaratkan solo lord tanpa farming. Sumpah N1 susah banget, semua sesi amat sangat susah dan gw udah hopeless banget untuk ujian JLPT kali ini.

Cuman jadi ajang meetup tahunan dengan temen temen penggiat bahasa Jepang.

Sebelum Ujian JLPT Berlangsung Meetup Setelah Ujian JLPT
Sebelum Ujian JLPT Berlangsung Meetup Setelah Ujian JLPT

Nongkrong dengan Temen Lama sebelum dia berangkat ke Jepang

Tanpa diduga, temen gw nganggur ketika di masa pandemi memutuskan untuk kerja ke Jepang, dan akhirnya fix berangkat pada tanggal 17 Januari 2024.

Gw dan temen gw yang ada di Jakarta inisiatif untuk membuat acara nongkrong kecil kecilan saja demi melepas rindu dan melepas kawan kita ini ke Jepang dan akan 3 tahun disana, jadi lebaran fix tidak akan sama seperti sebelumnya.

Melepas Bagus sebelum pergi ke Jepang

Nonton Event SJW48 Award

Lalu setelah nongkrong selesai, gw langsung tancap gass untuk nonton acara komunitas stand up fans JKT48, disana ada awards dan stand up comedy, sumpah acaranya seru banget karena relate.

Gw merasa cukup relate dengan jokes jokes nya, karena gw adalah salah satu orang yang ada di dalam fandom ini.

Menonton SJW48 Awards

Gagal Apply Theater Selama di Tahun 2023

Akhirnya tahun 2023 gw tutup dengan full kalah undian untuk nonton theater, 10 kali apply OFC dan general. Belum ada satupun yang verif.

Nice Try Apply Theater di 2023 Ini

Hanya bisa berharap di tahun 2024 gw bisa shonichi theater, emang susah bersaing dengan 15jt fans.

Tidak semudah saat saat sebelum adanya summer fest.

Terimakasih untuk semua yang terjadi di tahun 2023, semoga 2024 menjadi tahun yang lebih baik untuk gw, lu dan semuanya. Semoga semakin bertambahnya waktu semakin kita bisa improve diri sendiri.

Kategori:Kaleidoskop
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!