Home » Pengalaman » Mewujudkan Impian Masa Kecil di Dunia Flora

Mewujudkan Impian Masa Kecil di Dunia Flora


23 April 2024·Maulana Ahsan·9 min read


Akhir akhir ini banyak tulisan gw berkaitan dengan dunia ngidol, karena emang lagi suka sukanya sama Jeketi, dan kali ini salah satunya...

Tulisan kali ini mungkin akan panjang, karena gw emang mau cerita tentang apa yang terjadi di hidup gw 10 tahun lebih yang lalu dan timeskip ke masa sekarang, yang ternyata masih saling terhubung.

Mengapa hal ini penting untuk gw ceritakan? karena tiap hal memiliki story yang sepertinya emang penting buat gw, jadi biar terdokumentasikan dan suatu saat mungkin gw akan membaca dan mengingatnya.

Langsung saja gw mulai tulisan kali ini.

Berawal Ketika SMP

Semua berawal ketika gw SMP, ada seorang anak di kelas gw yang dia beda sendiri. Gw sekolah di perkampungan, tapi selera musik dia tidak seperti anak anak kampung pada umumnya.

Dia suka sekali dengan lagu lagu Jepang, seperti L'ArcenCiel, the GazettE, dan band band Jepang lainya. Gw cukup kaget karena waktu itu jarang orang yang kenal musik musik asia timur seperti dia. Mentok mentok di lagu barat kayak Avenged Sevenfold atau Linkin Park lah, tahun 2011 itu internet belum terlalu lazim di daerah gw.

Salah satu juga yang dia kenalkan adalah idol grup yang bernama AKB48. Gw cukup deket dengan anak ini jadi selera musiknya juga ikut ikutan mirip sama dia, cuman gw lebih cenderung suka yang AKB nya daripada band band aliran rock lainya.

Saat ada sister grup AKB yang hadir di Indonesia, otomatis kami langsung ngikutin dong. Meskipun likir lagu terjemahan nya cukup aneh, cuman setidaknya masih sama budaya ngidolnya.

Singkat cerita kami lulus SMP dan berpisah sekolah, dalam kondisi gw masih suka AKB48 dan sisternya, dan temen gw masih suka dengan band band Jepangnya itu.

Ini sedikit jejak digital yang masih ada di akun facebook gw.

Jadi Fans JKT48 Sejak 2011

Oiya gw sama dia masih temenan sampe sekarang, bahkan salah satu orang yang cukup akrab sama gw, sekarang dia sedang di Jepang untuk mencari nafkah.

Aturan Anti Cinta

Gw ngikutin semua perkembangan JKT48 waktu itu, termasuk setlist di theater nya.

Mulai dari Pajama Drive, Renai Kinshi Jourei, Boku no Taiyou, sampe Dareka no Tame ni. Setelah itu gw udah gak ngikutin lagi perkembangan nya, disitu mulai timeskip. Cuman soal timeskip akan gw bahas di bagian selanjutnya.

Ketika ada setlist Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta) ini gw lagi di puncak tuh suka sukanya sama JKT48, sampe sampe di sekolah pun gw gak ragu nunjukin kalo gw fans JKT48 meskipun sendirian.

Teman teman SMK gw pasti pada tau lah kalo gw sesuka itu sama setlist Aturan Anti Cinta ini, karena cuma sebagai fans far yang belum punya penghasilan sendiri, gw cuma bisa dengerin lagu mp3 bajakan nya aja dulu, karena cuma itu yang ada. Itupun susah banget nyari yang clean tanpa chant wkwk.

Sampai terakhir, ini setlist akan senshuraku (gak dibawain di theater) gw masih belum bisa menonton nya langsung. Ini status gw waktu itu...

Belum bisa nonton theater Aturan Anti Cinta

Timeskip dan Kerja di Jakarta

Singkat cerita gw melupakan JKT48 dan keinginan keinginan gw untuk nonton, bertahun tahun tinggal di Surabaya juga udah gak pernah kepikiran lagi.

Bahkan di awal tahun 2022, gw dapat pekerjaan yang mengharuskan gw untuk berdomisili di Jakarta. dan juga masih tetep gak keinget untuk balik ngidol jeketi, udah gw kubur lah JKT48 menjadi kenangan.

Timeskip dan Gw Kerja di Jakarta

Semua berjalan seperti biasa...

Comeback Nonton JKT48

Trus tiba tiba di sebuah malam, gw baru masuk ke ruangan kerja, ada temen gw yang nanya "Lu gak ikutan nonton san?".

Gw bingung dong, gw tanya balik "Emang nonton apaan?". Dijawablah Konser JKT48, waktu itu tema nya adalah Summer Festival. Alasan dia mau ngajak gw adalah karena dia pernah denger gw puter lagu Birth di kosan, dan dia kebetulan lewat depan kamar gw.

Setelah mikir selama kurang lebih 2 jam, akhirnya gw memutuskan untuk membeli tiket kategori Kingyou yang kebetulan waktu itu masih presale, dan ikutlah nonton konsernya.

Cerita lengkapnya udah pernah gw tulis sebelumnya di post Kembali ke Masa Lalu.

JKT48 Summer Fest

Awalnya gw niatnya "Yaudah lah, coba aja sekali, buat membeli masa lalu".

Ternyata malah keterusan sampe keinget soal nonton theater. Pas ngecek ternyata setlist yang gw pengen tonton dari jaman dulu masih dibawain di JKT48 Theater. Waktu itu setlist yang masih dibawain ada Cara Meminum Ramune, Tunas di Balik Seragam, BANZAI JKT48 dan Aturan Anti Cinta.

Lebaran 2024

Setelah mencoba apply apply theater, ternyata susah banget untuk dapetin verif nya, apalagi spesifik di setlist Aturan Anti Cinta, gw sudah apply setlist ini 13x dan semuanya gagal.

Sampai di lebaran tahun 2024, gw udah sebulan setengah gak apply theater karena maret tuh full dinas di Fakfak dan lanjut musim ramadhan kan gak ada theater, adanya special performance jadi gak apply juga.

Akhirnya apply theater ke 14x untuk setlist Aturan Anti Cinta. Gw udah berandai andai tuh, kalo misalnya verif sih bersyukur banget, karena akhirnya bisa Shonichi setlist yang gw pengen dari dulu, daaaaaan...

Show nya tanggal 18 April, cuma beda 2 hari aja dari hari ulang tahun gw di 16 April, kayaknya akan jadi kado yang berkesan.

Bener aja, akhirnya gw bisa verif untuk show di tanggal 18 April 2024, Setlist Aturan Anti Cinta dan berbarengan dengan STS nya Flora.

Dapat Tiket Show Aturan Anti Cinta

2Shot Pertama Sama Flora

Nah... Setelah verif, kan besoknya gw berangkat naek kereta dari kampung ke Jakarta.

Gw jadi kepikiran, kayaknya kalau gw nyoba 2Shot juga oke kali ya, soalnya sebelumnya gw gak pernah beli apapun di JKT48 kecuali nonton show aja, untuk pertama kalinya gw kepikiran untuk 2Shot.

Alasan nya sama.

  1. Karena setlist nya pengen banget gw tonton.
  2. Kebetulan cuma 2 hari jaraknya sama ultah gw.
  3. STS (Perayaan Ulang Tahun) nya Flora.
  4. Jadi sekalian pas 2Shot ada properti kue ulang tahun nya.

Jadi lah gw berniat untuk 2Shot untuk pertama kalinya.

Datang Lebih Awal

Karena udah ada niatan buat 2Shot, otomatis gw harus berangkat lebih awal, karena yang dapat birthday 2shot kan hanya 100 orang pertama saja, sementara yang datang ke show kan ada 250 an orang.

Prepare lah dari priok ke fx Sudirman lebih awal, sekitar 5 jam sebelum show dimulai, biar ada waktu buat makan siang dulu dan bisa tetep dapat antrian.

Pas gw dateng, udah banyak yang antri 2shot, cuman gw pikir kayaknya sih masih dapet, akhirnya ikutan antri.

Antrian 2Shot STS Flora

Kurang lebih begini lah kondisi di depan gw, dan di belakang gw masih banyak orang yang antri untuk 2Shot di hari tersebut.

Lupa Belum Bawa Cash

Ketika sedang antri, gw sempet kepikiran tentang cara pembayaran nya, soalnya gw lupa bawa cash seharga 250rb untuk 2Shot. Padahal gw sebelumnya udah ada rencana untuk narik duit di ATM, cuman lupa.

Udah keburu berada di antrian, gak mungkin dong gw tinggalin. Trus gw juga mikirnya ini zaman udah cashlesh, ada QRIS dan metode pembayaran non tunai lainya, yakali only cash.

Gw lupa kalau yang dimongin ini JOT, manajement yang emang terkenal di kalangan fans sebagai tembok 🤣 Jarang berbenah meskipun fans sudah berkoar koar buat evaluasi.

Lalu gw tanya kepada temen temen gw yang di grup katanya harus cash, makin panik dah tu. Akhirnya nanya ke orang yang ada di depan gw, bener ternyata aturan pembayaran nya "Harus Cash dan Uang Pas".

Sumpah sistem apa sih ini wkwk cuman untungnya orang di depan gw itu menawarkan untuk nuker cash di dia. Gw cek dompet masih ada 150rb jadi gw tuker cash 100rb diganti dengan saldo gopay yang gw transfer ke dia. Terimakasih orang baik.

Akhirnya dapet tiket birthday 2Shot nya dan udah di stempel di leher buat validasi.

Tiket 2Shot STS Flora

Sambil Nunggu, Eh Ada Hal Baik

Setelah memastikan dapet tiket 2Shot, gw memutuskan untuk nunggu waktu show di Kopi Janji Jiwa, dan ternyata ada kabar baik lainya yang gw dapet di hari itu.

Jadi gw udah apply lagi untuk theater tanggal 20 April 2024, di setlist Cara Meminum Ramune dan event nya STS nya Indah.

Niatnya ya buat buang sial aja, biar next nya bisa dapet show lagi, soalnya selama ini belum pernah dapat menang tiket theater secara beruntun. Bahkan gw pernah mengalami kekalahan sebanyak 17x sebelum akhirnya Shonichi di Last Show nya Chika.

Eh ternyata ada email di jam 18:00 bahwa gw verif lagi. History akun gw jadi kayak gacor 🤣 bisa win streak.

Sejarah Penukaran Tiket JKT48

Birthday 2Shot with Flora Syafiqa Riyadi

Setelah show theater, staff mengarahkan yang punya tiket birthday 2shot untuk menunggu di lobby theater untuk antri berfoto sama Flora. Gw ikutan antri sambil mikir mau ngomong kalo gw kemaren juga ulang tahun.

Sampailah giliran gw. Kurang lebih begini obrolan gw sama Flora...

Ahsan: Flo aku kemaren juga ulang tahun loh
Flora: Oh iya? happy birthday ya kak, posenya gimana nih?
Ahsan: Aku boleh ikutan pegang kuenya
Flora: Yaudah gini aja saling tunjuk
Ahsan: Okay
Flora: Makasih ya udah dateng
Ahsan: Makasih banyak Flora

Hasil fotonya seperti ini, dan gw bahagia banget dengan hasil 2Shot ini.

Birthday 2Shot with Flora Syafiqa Riyadi

Lalu gw juga mendapatkan pesan dari Flora seperti ini. Siapa yang gak semangat kerja kalo dikasih energi positif seperti ini. Love You Sekebon Flora ❤️💕🫰🫶

Pesan Semangat Dari Flora

Buat yang gak tau, kenapa post ini gw kasih judul Mewujudkan Impian Masa Kecil di Dunia Flora, karena Flora memiliki phrase perkenalan yang cukup ikonin, yaitu Ayo Ikut ke Dunia Flora. Makanya gw kasih judul seperti itu.

Mimpi Aja Dulu, Siapa Tau Terkabul

Disini gw belajar sesuatu, beranilah untuk bermimpi karena kita gak tau skenario Tuhan seperti apa untuk mimpi kita tersebut.

Gw yang dulu melupakan keinginan masa kecil gw, tapi ternyata setelah lebih dari 10 tahun berlalu, gw bisa mewujudkan impian gw tersebut dan bahkan mendapatkan banyak point plus plus, seolah Tuhan membuat skenario untuk ulang tahun gw tahun ini agar bermakna sekali.

Kategori:Pengalaman
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!