Home » Tips » Gw Belajar Tentang "Tips Menikmati Hidup"

Gw Belajar Tentang "Tips Menikmati Hidup"


20 November 2023·Maulana Ahsan·4 min read


Disini gw mau sedikit sharing tentang apa yang baru saja gw pelajari, dan sepertinya masuk akal untuk dilakukan agar hidup menjadi lebih as...

Udah lama banget gw gak nulis di blog ini, keingetnya gara gara ada email "Domain tulisanahsan.com akan segera berakhir" wkwk. Terlupakan sampai domain nya mau expired.

Tapi gak papa, mumpung inget, gw mau nulis tentang sesuatu yang akhir akhir ini baru aja gw pelajari, dan gw ngerasa ini cukup masuk akal untuk dilakukan dan dikejar, yaitu "Tips Menikmati Hidup".

Apa sih yang gw pelajari akhir akhir ini? Mari langsung saja ke pembahasan...

Gw Belajar Tentang "Tips Menikmati Hidup"

Sebelumnya gw pernah bahas tentang pengalaman gw nonton konser JKT48, yang ternyata membuat gw sekarang comeback dan ngikutin dunia per-idol-an lagi. Karena memang lumayan menyenangkan untuk mengisi kekosongan di sela sela jadwal orang dewasa ini.

Nah, kali ini tuh pembahasan nya juga tentang menikmati hidup. Karena gw ngerasa selama ini gw terkurung dengan mindset yang harus harus banget menunda kebahagiaan sampe sampe duitnya kepakek untuk urusan lain yang tidak menyenangkan. Akhirnya ya gak menikmatinya.

Gimana mau semangat kerja, kalau gak ada yang bikin semangat yakan?

Berikut gw coba breakdown beberapa point yang bisa bikin hidup jadi semakin bisa dinikmati, semoga bermanfaat buat gw dan buat lu yang baca.

Hidup di Masa Kini

Point pertama ini memang cukup klise dan sering kita dengar, tapi memang beginilah cara agar hidup jadi lebih nikmat.

Karena kalau kita menyesali masa lalu dan cemas tentang masa depan, hanya akan membuat kita overthinking dan kontra produktif. Semuanya jadi terasa menyeramkan untuk dijalani.

Kalau hidup di masa kini secara maksimal, masa depan pun akan menghasilkan hal yang jauh lebih baik kan?

Tapi ya memang prakteknya gak gampang sih, gw juga seriiiiing banget menyesali banyak hal yang telah terjadi di masa lalu. Masih sering mikir "Andai saja waktu itu..." padahal gw tau itu gak bagus.

Gw juga sedang berusaha biar bisa maksimal hidup di masa kini, jadi kalo lu mau berusaha juga, semangat ya. Mari kita berjuang bareng bareng.

Cari Kebahagiaanmu

Hal yang kedua, carilah hal yang membuat lu bahagia.

Kebahagian orang kan masing masing ya, ada yang bahagianya di traveling, ada yang bahagianya berbisnis, ada yang bahagianya koleksi benda yang berkaitan sama hobinya, ada yang bahagianya nge game, ada yang bahagianya ngidol, dan lain sebagainya.

Temukan kebahagiaan lu pribadi, dan gak harus sama dengan standard sosial kok. Karena kebahagiaan gw belum tentu kebahagiaan lu, begitupun sebaliknya.

Kalau sudah menemukan hal yang membuat kita bahagia, mari kita targetkan kebahagiaan tersebut.

Bukan Pensiun Dini

Maksudnya begini, kadang kita mikir untuk mempersiapkan diri untuk pensiun kerja tapi masih dapet penghasilan yang stabil.

Itu oke oke aja, cuman jangan lupa tentang kebahagiaan lu saat ini.

Kalo target itu bikin lu super hemat sampe pelit sama diri lu sendiri, coba pikirkan ulang deh. Pensiun dan nganggur banget itu juga bukan hal yang kita inginkan kayaknya. Kita pengen nya bahagia kan?

Kita tuh gak harus nunggu tua untuk menikmati hidup, ya kalo hidup kita sampe tua, kalo naudzubillah enggak sampe tua, kan rugi juga kita gak nikmatin hidup.

Alangkah lebih baik jika kita sisihkan sebagian penghasilan kita untuk melakukan hal yang membuat kita bahagia (di point dua). Terserah intervalnya berapa lama, sesuaikan dengan kemampuan dan juga kondisi ya.

Plan dan Siapkan Resourses

Tahap selanjutnya ya perencanaan dan mempersiapkan keperluan.

Jika kebahagiaan lu traveling, coba budgeting sekali traveling ke suatu tempat itu berapa, kira kira lu nyiapin budget segitu itu berapa lama, dan lain sebagainya.

Kalo sudah tercapai, gass berangkat dan lakukan hal yang lu targetin.

Begitu juga untuk lu yang memiliki kebagahian di tempat lain, plan dan siapkan apa apa saja yang harus disiapkan.

Dengan adanya reward reward ini, kita pasti akan bisa lebih menikmati moment moment di kehidupan kita, jadi bisa lebih bersyukur dengan hidup ini.

Dan yang terpenting, kita juga jadi lebih semangat untuk bekerja karena ada target yang menunggu kita mencapai hal yang membahagiakan. Pengalaman pengalaman yang kita lewati akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik dan penuh rasa syukur.

Lakukan

Terakhir, lakukan.

Jangan sampai sudah plan dan siapkan resource, pas udah kecapai malah mikir "Sayang juga duit segini". Sebaiknya jangan.

At least, coba dulu sekali. Kalo itu hal yang bener bener bikin lu bahagia, lu akan ngerasa pengen dan pengen lagi.

Penutup

Kurang lebih begitulah hal yang gw pelajari akhir akhir ini, semoga bermanfaat ya. Gw gak yakin bisa sering update blog ini atau enggak, tergantung kalo ada yang pengen gw bahas ya gw tulis disini.

Itu aja, semoga semuanya lancar ya...

Kategori:Tips
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!