Home » Pengalaman » Pengalaman Pertama Kali Nonton Theater JKT48

Pengalaman Pertama Kali Nonton Theater JKT48


21 Januari 2024·Maulana Ahsan·6 min read


Gw cuma mau cerita dikit tentang pengalaman pertama kalinya gw nonton JKT48 di theater mereka setelah 10 tahun berlalu, kar...

Sesuai dengan nadzar yang pernah gw bikin lewat chat sama beberapa temen, kalo gw verif theater akan gw bikin artikel nya.

Karena gw sering banget ngechat temen temen gw soal gw yang kalah berkali kali untuk apply theater, jadinya gw kayak bikin janji aja, saking susahnya gw untuk mau shonichi.

Daaaaan...

Karena gw verif di show Cara Meminum Ramune pada tanggal 20 Januari 2024, gw akan memenuhi nadzar gw untuk menulis sebuah artikel yang berisikan pengalaman dan perjuangan gw untuk shonichi theater JKT48.

Berjuang Dengan Undian

Buat yang belum tau, sistem tiket untuk nonton theater JKT48 itu undian, jadi bukan war yang paling cepet order yang dapet tiketnya, tapi kita akan diberikan periode waktu untuk melakukan apply.

Nanti ketika periode ordernya sudah selesai akan diumumkan siapa saja yang dapat tiket untuk nonton theater nya, dan bagi yang gak dapet ya kalah (JKT48 Points nya akan dikembalikan ke akun masing masing).

Nah... Karena pemenangnya ini dipilih secara acak oleh sistem, ya jadinya hoki hokian banget deh.

Kalah 17 Kali

Sedikit cerita, gw top up JKT48 points itu di tanggal 25 Agustus 2023, dan beberapa kali apply theater tapi selalu kalah.

Sampe sampe terakhir kali itu kalah 17x. Udah hopeless banget deh, cuma bisa pasrah hoki gw lagi jelek untuk ngidol.

Ini perjalanan gw selama tahun 2023 isinya full kalah.

Nice Try Apply Theater di 2023 Ini

Akhirnya Shonichi di Januari

Karena udah sering banget kalah, sampe gw gak punya rasa excited sedikit pun ketika pengumuman itu dikirim ke email. Kayak dalam hati gw mikir "Halah, paling kalah lagi".

Cuman, Alhamdhulillah nya pas gw cek email, untuk pertama kalinya isi email gw bukan "Mohon maaf" tapi "Selamat".

Akhirnya Shonichi Juga

Oh iya, Shonichi 初日 itu bahasa Jepang yang artinya Hari Pertama. Di kalangan fans JKT48 istilah ini digunakan untuk menyebut sesuatu hal yang baru pertama kali kita lakukan, makanya pada tanggal 20 Januari 2024 ini gw akhirnya Shonichi untuk nonton theater JKT48.

Dan yang lebih spesial lagi, show tanggal 20 Januari ini adalah last show nya member yang bernama Yessica Tamara Siallagan atau yang biasa dipanggil dengan Chika. Lumayan campur aduk tuh, seneng karena nonton theater untuk pertama kali, tapi juga sedih karena ini last show nya Chika huhuhu :(

Pertama Kali Nonton Theater JKT48 - Last Show Yessica Tamara

Setelah pengumuman nya keluar dan gw dapet tiketnya, tentu saja gw excited dong. Gw sebarin tuh info kalo gw verif ke temen temen gw yang tau kalo gw fans JKT, karena emang seneng dan sekalian minta saran karena ini kan pertama kalinya gw ke theater.

Gw ke Fx Sudirman juga belum pernah masuk, jadi bener bener nol banget ini.

Trus ternyata temen gw ada yang bilang, "nanti tanggal segitu ada orang NU lagi kumpul di GBK, berangkat agak lebih awal aja, jangan mepet". Langsung gw riset tentang acara ini kan, gw gak mau hari spesial gw ini terganggu.

Harlah Muslimat NU di GBK

Ternyata emang ada tuh acara Harlah Muslimat NU di Gelora Bung Karno, acaranya tanggal 20 Januari mulai dari jam 00.00 sampai dengan 08.30 kalau gak salah. Nah di twitter udah rame banget yang bahas tentang acara ini.

Karena ada hampir 3000 bis dari penjuru Indonesia yang datang kesana... Ada orang baik di twitter yang nyaranin rute rute aman dari kemacetan untuk yang mau datang ke Fx di hari graduation nya Chika.

Gw juga ikut parno dan emang niat mau berangkat dari priok (kosan gw) itu pagi hari, karena prinsip gw gak papa disana nunggu lama daripada nanti ada kemacetan yang diluar dugaan sampe akhirnya gw gak jadi nonton.

Nonton nangis gak nonton makin nangis.

Akhirnya ya berangkat aja dari kosan jam 10 pagi wkwk.

Untung Ada Barengan

Disela sela gw berangkat, gw masih buka buka twitter untuk mantau kondisi. Eh ada yang nyari barengan buat ke Fx, yaudah gw ikut komen aja. Akhirnya gw dan orang ini dm dm di twitter dan sepakat buat ketemu di stasiun sudirman.

Ketemulah dengan orangnya, Alhamdhulillah orangnya asik dan bisa nemenin shonichi gw.

Plan yang awalnya mau menggabut sendirian di Fx sambil nunggu acaranya dimulai, eh tiba tiba jadi ada temen buat sekedar ngobrol dan mengisi waktu luang sebelum show dimulai. Jadi tau lebih banyak soal per fandoman JKT ini, meskipun gak semua hal akan gw ikutin sih, hanya hal yang bikin gw seneng aja buat stress release dari semua beban duniawi wkwk.

Thank you banget buat kamu yang mau barengin shonichi gw kali ini.

Akhirnya Sampai Theater JKT48

Akhirnya gw sampai di Fx Sudirman F4 tempat dimana theater JKT48 berada, untuk pertama kalinya gw ngelihat pemandangan ini secara langsung, ngefoto dikit buat dokumentasi shonichi.

Oiya, pas gw dateng tuh udah banyak antrian, untuk 2shoot (foto berdua dengan member) graduation nya Chika.

JKT48 Theater

Sesampainya di Fx Sudirman, karena show nya masih lama akhirnya kami memutuskan untuk ke kopi kenangan ngopi dulu, trus makan siang di burger king sambil nunggu proses penukaran tiket dibuka.

Setelah cukup lama, akhirnya proses penukaran tiket show dimulai sekitar jam 14.30 dan kami pun mulai antri untuk masuk ke area theater. Karena ini pertama kalinya gw masuk ke theater, agak gugup juga. Tapi untungnya ada temen yang udah lebih berpengalaman di theater, jadi relatif lebih aman.

Akhirnya gw masuk dan milih seat dari bola bola undian, gw dapetnya di G-13. Dan temen gw yang bareng itu di H-16 kalo gak salah. Padahal berharapnya bisa di depan A, B atau C gitu biar depan member langsung. Cuman apa daya, gw terima saja apa yang sudah terjadi.

Dapat Seat G-13

Kami pun masuk ke theater sambil nunggu show nya dimulai.

Real Theater no Megami

Saat theater dimulai, weeeeeh.

Gw bener bener terkesima dengan performance member, meskipun di row G tapi tetap terasa masih deket banget, berasa di depan mata. Gw inget lirik dari lagu Theater no Megami - Dewi Theater, begini liriknya...

Kamulah dewi theater
Akhirnya ku bertemu
Dengan jarak sedekat ini
Ada kamu yang sangat indah

Hal itu bener bener gw rasain untuk pertama kalinya... Melihat idol dengan sedekat ini... Wuooooo.

Pengalaman yang berharga dan menyenangkan, next nya semoga dapet kesempatan buat theateran lagi, semoga JOT baik pada akun baik seperti gw.

Thank You NAVY_INA

Setelah show selesai, ada freebies dari NAVY (Fanbase Yessica Tamara), terimakasih banyak kakak kakak NAVY sudah berusaha keras untuk project kali ini, meskipun tidak semua berjalan dengan lancar karena ada banyak oknum yang haus FYP.

Project Navy for Chika's Graduation

Penutup

Ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan untuk gw, pertama kalinya nonton theater setelah perjalanan panjang sejak SMK tau JKT48, trus berhenti ngkutin, sampe akhirnya comeback di 2023 dan shonichi theater di awal 2024. Mungkin 10 tahun sudah berlalu sampe akhirnya gw bisa di posisi ini.

Jalan hidup emang gak bisa ditebak. Gatau juga sampe kapan jadi fans JKT48, bener bener semua bergantung pada kondisi sih, gak ada yang tau apa yang akan terjadi di masa depan.

Kategori:Pengalaman
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!