Home » Pengalaman » Pengalaman Aktivasi Ulang Nomor Telkomsel yang Terblokir

Pengalaman Aktivasi Ulang Nomor Telkomsel yang Terblokir


25 September 2024·Maulana Ahsan·4 min read


Ini sebenernya cerita keteledoran gw, sampe bikin repot. Gw lupa ngisi pulsa sampai nomor telkomsel gw terblokir...

Kejadian yang cukup lucu, tapi bikin gw cukup repot untung mengurusnya, yaitu nomor hp utama gw terblokir gara gara lupa perpanjangan masa aktif.

Memang terdengar tolol, tapi ini kejadian nyata.

Jadi kronologi awalnya gini, gw udah dapet tuh peringatan lewat SMS nomor akan memasukin masa tenggang pada tanggal 23/09/2024, waktu itu gw abaikan aja karena biasanya juga gitu dan gw isi isi aja pulsanya.

Trus memasuki masa tenggang, dapet SMS lagi. Cuman masa tenggang kan cukup lama ya 30 hari, jadi gw tunda tunda lagi aja.

Sampe lah di tanggal 24/09/2024 dini hari, baru banget gw mau tidur, dapet SMS lagi tapi isinya Nomor anda diblokir, lakukan aktivasi ulang dengan cara menekan *888 *89# setelah 1x24 jam.

Langsung panik, karena ini kan nomor utama gw, langsung isi pulsa tapi selalu gagal dan dana di refund, coba dial ke *888 *89# malah munculnya "Nomor anda belum diaktivasi silahkan hubungi 4444".

Trus gimana kelanjutan nya?

Pengalaman Aktivasi Ulang Nomor Telkomsel yang Terblokir

Sebenarnya waktu itu masih ada pikiran, kalo prosesnya ribet apa gw ganti nomor aja ya. Cuman pas mikir lebih panjang, ini nomor udah gw pakek dimana mana.

Aplikasi chat, otp akun akun gw, dan paling penting nomor untuk kebutuhan banking, takutnya nanti malah gw nya ribet dan orang yang akan dapat nomor gw kedepan nya bisa makek atau sekedar usil ke gw. Jadi gak ada opsi lain selain aktivasi ulang nomor ini.

Menghubungi CS Telkomsel Lagi

Akhirnya gw menghubungi customer service telkomsel via X (Twitter) disaat itu juga jam 1 dini hari, menanyakan bagaimana caranya gw bisa mengaktivasi ulang ini nomor HP.

Dijawab sama admin nya, trus minta nomor HP via DM, akhirnya begini kata cs nya.

Makasih waktunya Kak. Perihal reaktivasi dinomor ---nomor gw--- udah mimin bantu penyesuaian, silakan lakukan reaktivasi via dial *888*89# setelah 1x24 jam kedepan ya dan pastikan:

1. Menghubungi *888*89# dengan menggunakan nomor Kakak yang terblokir.

2. Kakak akan melihat informasi nomor anda telah terblokir dan dua opsi dalam “1. Buka Blokir” dan ”2. SKB”.

3. Pilih “1. Buka Blokir” jika Kakak menyetujui untuk melakukan buka blokir dan Kakak menyetujui ketentuan yang tertuang di dalam SKB.

4. Proses buka blokir akan diproses dan kartu akan kembali menjadi aktif dalam waktu 1x24 jam. Semoga membantu :)

Yaudah, gw disuruh tunggu 1x24 jam untuk dial ulang reaktivasi nomor.

Sinyal Ilang

Besokan nya, pas mau reaktivasi dengan cara menekan *888 *89# malah gak bisa karena sinyal kartunya ilang, jadi no service.

Pas maksa dial, munculnya ginian terus.

Error saat dial ke *888*89# karena sinyal ilang

Akhirnya mau gak mau harus nanya lagi nih ke customer service telkomsel.

Menghubungi CS Telkomsel Lagi

Setelah menjelaskan kondisnya, akhirnya dibalas seperti ini sama admin telkomsel.

Solusi untuk aktivasi ulang

Segera gw siapkan semua kebutuhan nya...

Cuman customer service telkomsel kan gak se fast response itu, gw pikir bakal lama prosenya, gw tinggal dulu buat sarapan. Eh pas gw sarapan, dikirimin link buat video call penyelesaian nya.

Gw buru buru balik dan ngisi formulirnya, karena cuma dikasih waktu 5 menit setelah dikirim link nya.

Form yang harus di isi adalah: Nama Lengkap, Email, No HP, Scan KTP, Scan KK, Foto selfie + KTP, sama Foto 16 digit nomor di kartu perdana nya.

Jujur gw mikir, apa gak bahaya data ini dikasih? Tapi di web form tersebut di disclaimer sama Telkomsel.

Data yang diminta di form bersifat rahasia dan tidak akan disalah gunakan, oke lah, demi nomor gw balik.

Singkat cerita gw udah masuk antrian, tapi pas masuk ke room nya malah gak ada yang masuk. Nunggu 30 menit gak ada yang masuk akhirnya gw leave dari sana.

Trus lapor lagi di X, nanya ke admin kenapa gak ada yang masuk. Dikasihlah link yang baru.

Isi lagi, nunggu antrian lagi, dan masuk lagi.

Untungnya ini customer service nya masuk, dan memberikan beberapa pertanyaan. Dan kartu gw dibantu untuk aktivasi ulang, disuruh untuk menunggu maksimal 2x24 jam untuk proses aktivasinya.

Oke, tapi pas gw tunggu gak nyampe 30 menit udah bisa aktif kembali nomornya.

Penutup

Untuk penutup, gw cuma mau ngingetin aja, jangan ngeremehin hal hal penting. Satu kecerobohan kecil bisa bikin repot diri lu sendiri.

Padahal harusnya jika gw isi pulsa ketika dapet peringatan masa aktif kartu akan habis, semua akan kelar disaat itu juga, tanpa harus melewati semua drama ini. Udah itu aja sih, semoga pengalaman gw ini bisa jadi pembelajaran bagi kita semua.

Kategori:Pengalaman
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!