Home » Tips » Cara Gw Mengurangi Kecemasan

Cara Gw Mengurangi Kecemasan


11 Juni 2024·Maulana Ahsan·2 min read


Gw mau cerita sedikit aja tentang metode gw untuk mengurangi rasa cemas, dan sebenarnya ini udah gw jalanin dari lama tanpa disadari...

Kita sebagai manusia, gak akan terbebas dari yang namanya rasa cemas. Semua orang pasti pernah merasakan dan terganggu dengan rasa cemas ini.

Kecemasan adalah rasa dimana kita merasa khawatir dan takut dengan intensitas yang tinggi, biasanya dibarengi dengan pikiran pikiran yang macam macam tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Gw juga termasuk orang yang sering didatangi rasa cemas, namun untungnya cara berpikir gw cenderung mikir cara untuk survive, sehingga kecemasan itu gak berlarut larut, dan kali ini gw mau sedikit sharing aja bagaimana cara gw mengurangi kecemasan.

Saat Kecemasan Datang

Kecemasan biasanya datang ketika kita melakukan sesuatu yang salah, atau merasa kurang maksimal dalam menjalani keseharian, lalu rasa cemas datang dan membuat pikiran kita kacau dan khawatir yang berlebihan.

Gw ketika mendapatkan rasa cemas, misalnya karena ada pekerjaan yang berpeluang salah karena terlalu ceroboh dalam pengerjaan nya dan udah gak bisa diperbaiki lagi, bisa pun dengan prosedur yang sangat panjang dan merepotkan.

Nah... Gw langsung kepikiran banyak hal buruk.

Misalnya nanti reputasi gw akan jatuh, orang akan susah ngasih kepercayaan ke gw dalam pekerjaan, di cengin satu kantor, diomongin orang di belakang, dan masih banyak hal hal lainya. Sehingga hal itu cukup mengganggu pikiran gw.

Setelah semua itu ada, gw coba lakukan hal ini.

Sadari dan Menerima

Ketika semua pikiran buruk itu muncul, gw akan menyadari bahwa kesalahan itu sudah terjadi, dan tidak bisa diubah. Jadi sekeras apapun gw mikirin itu, kesalahan itu sudah terjadi dan gak bisa dikoreksi lagi.

Lalu berpikir, kira kira konsekuensi terburuk apa yang bisa gw dapatkan karena kesalahan tersebut. Jika sudah tau konsekuensi terburuknya, gw akan ukur apakah itu bisa gw tanggung.

Ketika gw ngerasa bisa menanggungnya, yaudah pikiran gw akan lebih tenang daripada sebelumnya.

Lalu apa?

Jalani Saja

Tahap selanjutnya yang gw lakukan adalah "Yaudah, jalanin aja". Karena pikiran udah mulai tenang, pikiran buruk udah mulai berkurang, akhirnya gw bisa menjalani hari normal seperti biasa.

Dan SERING KALI, apa yang kita pikirkan itu sangat berlebihan, dibandingkan kejadian real yang akan terjadi. Kalaupun kita mendapatkan konsekuensi atas kesalahan kita, biasanya konsekuensinya gak seburuk apa yang kita cemaskan.

Karena otak manusia memang di desain untuk SURVIVAL, sehingga berpikir hal hal buruk adalah sebuah hal yang normal, karena begitulah cara ras manusia mempertahankan eksistensinya di dunia.

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengurangi rasa kecemasan yang sering kali tidak berdasar itu.

Kategori:Tips
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!