Home » Pelajaran Hidup » Manusia dan Kebahagiaan nya

Manusia dan Kebahagiaan nya


20 Desember 2023·Maulana Ahsan·3 min read


Akhir akhir ini lagi kepikiran aja, ternyata pola pikir gw dalam memandang hidup telah banyak berubah, terutama tentang kebahagiaan, jad...

Kenapa gw nulis tentang hal ini? Karena belum lama ini gw sedikit merenung dan melihat kebelakang, betapa berubahnya pola pikir gw yang dulu dan gw yang sekarang.

Khususnya tentang apa apa saja yang dilakukan manusia untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan.

Oke, gak perlu terlalu panjang intronya...

Manusia dan Kebahagiaan nya

Gw dulu adalah netizen yang suka nge judge banyak hal, mau itu yang terjadi di sekitar lingkungan gw ataupun di internet.

Gampang ngerasa kalo orang lain itu aneh, berasa diri lebih tinggi daripada orang lain. Padahal yang masih bocil aja belum paham banyak tentang kehidupan.

Misalnya ada orang yang abis kerja, ngeluuuh mulu...

Udah gitu sering bilang mau resign karena ini itu, tapi sampe sekarang tetap stay disana. Gw dulu langsung judge tentang hal itu, entah dia kurang bersyukur lah, atau se simple menganggap kalau dia meludah di sumur tempat dia minum.

Setelah mengalami banyak hal, ternyata gw paham kalo itu salah satu cara dia mengurangi stress yang dia terima dari pekerjaan, pekerjaan tetap dilakukan kok, cuman sambil ngeluh aja karena capek dengan apa yang terjadi.

Gw mengertinya ya setelah mengalami hal yang serupa di kehidupan gw. Gw dulu gampang judging karena gak pernah ngalamin aja.

Atau ada hal lain lagi. Gw dulu banyak gak paham tentang hobi orang lain, jadi ngelihat orang lain bertingkah berbeda dari apa yang gw ketahui, langsung tuh merasa kalo mereka aneh.

Sampe di titik yang mirip, gw nyobain apa yang dulu gw anggep aneh, misalnya nge chant.

Buat yang belum tau, nge chant itu kegiatan yang biasa dilakukan oleh fans idol ketika idol mereka perform, kayak teriakan teriakan khusus lah, yaaaa sebagai orang yang berada diluar itu pasti terasa aneh, ngapain kayak gitu.

Ternyata ketika gw mulai masuk dunia mereka dan nyobain ikut nge chant, ternyata seru banget cuy... Teriakan teriakan itu membuat stress stress yang ada dalam diri gw keluar dan setelah kegiatan itu gw bisa menjalani hari dengan lebih baik.

Ada Jangka Waktunya

Oh iya, tentu saja kebahagiaan itu memiliki jangka waktunya masing masing.

Mungkin sekarang yang bikin kita bahagia adalah A, belum tentu di masa depan tetap A, bisa jadi berubah menjadi B yang bikin kita bahagia.

Dan itu adalah hal yang wajar, namanya juga kehidupan. Dinamis banget, banyak hal yang gak bisa kita tebak dan prediksi, tapi tiba tiba jadi kenyataan aja.

Masing Masing Berbeda

Kebahagiaan masing masing orang juga berbeda, bisa jadi yang bikin gw bahagia adalah A, tapi bukan berarti yang bikin lu bahagia juga A, bisa jadi yang bikin lu bahagia adalah C.

Makanya kita sebaiknya sering mencoba dan tidak menutup diri, siapa tau ada hal lain yang belum kita coba ternyata adalah hal yang bisa membuat kita bahagia.

Belajar Mengerti Kesenangan Orang Lain

Pelajaran nya adalah, hargai kebahagiaan orang lain meskipun kita tak memahaminya.

Ada orang yang kebahagiaan nya membeli barang, ada yang kebahagiaan nya traveling, ada yang kebahagiaan nya berbisnis, ada yang kebahagiaan nya belajar, dan masih banyak hal lainya.

Selama hal itu tidak melanggar hukum dan tidak mengganggu ketertiban umum, ya udah lah.

Kita hanya tidak mengerti aja tentang kebahagiaan orang lain, bukan berarti kita harus menghakimi dia dan menghinakan dia.

Udah gitu aja sih, semoga ada manfaatnya.

Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!