Home » Pelajaran Hidup » Kadang Kita Malu di Tempat yang Salah

Kadang Kita Malu di Tempat yang Salah


16 Januari 2023·Maulana Ahsan·3 min read


Tulisan yang berasal dari renungan seorang yang beranjak dewasa, tentang rasa malu yang tidak penting di masa lalu...

Meskipun judulnya menggunakan "kita", sebenarnya disini gw akan cerita tentang pengalaman hidup gw sendiri sih. Tapi mungkin ceritanya bisa relate dengan yang lu alami juga.

Makanya disini gw menulis judulnya dengan menggunakan "kita".

Kita mengenal sebuah istilah yang namanya "malu". Keadaan dimana kita merasa tidak bisa melakukan sesuatu, karena kita merasa belum layak untuk melakukan nya.

Selain rasa "malu", sebenarnya ada hal yang juga yang mendasari kita untuk tidak melakukan sesuatu. Yaitu rasa "takut", dua hal ini tuh kayak samar dan bersatu.

Efeknya membuat kita tidak jadi untuk melangkah, di bidang apapun.

Kadang Kita Malu di Tempat yang Salah

Dulu, yaa mungkin kisaran SD-SMA gw adalah seorang yang amat sangat pemalu. Di bidang apapun.

Sebelum SD, gw adalah seorang yang tidak kenal takut dan bahkan dikenal sekampung. Gw gak takut setan, gak takut sama anak yang dibilang kuat, dan gak takut apapun lah.

Sampai suatu ketika ada kejadian yang mengubah sikap gw tersebut, gak bisa gw ceritain disini, karena masalah pribadi banget.

Singkat cerita, gw jadi seorang yang penakut dan pemalu. Suka banget menyendiri, tidak suka bergaul dan parah banget lah.

Ditambah waktu itu gw mencari pembenaran terhadap rasa malu dan takut tersebut. Padahal sebenarnya itu bisa diatasi, masa masa masih denial banget.

Setelah lulus SMA baru sadar, dan mulai mengubah kebiasaan yang salah ini dan terus berkembang. Satu hal yang gw pelajari adalah "kita tuh kadang takut terhadap hal yang gak penting".

Sering ragu dan akhirnya gak jadi melakukan.

Cara gw mengatasinya adalah, ketika gw ada niat mengembangkan diri dan ada rasa ragu di dalam diri gw, kayak ada perdebatan "gw lakuin gak ya? ntar takutnya jadi gini".

Disaat terjadi perdebatan itulah, gw memutuskan untuk melakukan nya. Dan ternyata setelah dilakuin, gak se mengerikan itu kok, orang juga gak sepeduli itu dengan gw kok.

Makanya dari lulus SMA, gw berusaha mencoba banyak hal dan mengumpulkan pengalaman. Ya mulai dari ngajak ngobrol orang random, cewe random, challange kecil, nyoba nyanyi di cafe dan lainya.

Meskipun beberapa hal dibungkus dengan "punishment". Tapi itu lah salah satu yang membuat gw berani melakukan hal hal tersebut.

Misalnya nih...

Nyanyi di cafe, ya pasti lah malu diliat banyak orang, apalagi suara gw juga gak terlalu oke buat nyanyi. Tapi pas dicoba ya oke oke aja sih. Orang orang di cafe bisa jadi ada yang ngomongin waktu itu, tapi kan gw gak peduli juga. Orang lain juga gak peduli dengan gw.

Setelah kejadian itu berlalu, yaudah. Tidak ada hal buruk yang terjadi, tapi gw merasa puas karena pernah melakukan hal yang belum gw lakukan.

Penutup

Kurang lebih itu aja sih sharing pengalaman tentang Kadang Kita Malu di Tempat yang Salah. Semoga aja bisa bermanfaat untuk lu yang membaca, dan untuk gw agar kedepan bisa makin berkembang.

Sampai jumpa di Tulisan Ahsan selanjutnya.

Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!