Home » Tips » Cara Mengatasi Rasa Takut ala Pandji Pragiwaksono

Cara Mengatasi Rasa Takut ala Pandji Pragiwaksono


24 Mei 2024·Maulana Ahsan·3 min read


Rasa takut akan muncul di hati semua orang tanpa terkecuali, nah bagaimana cara mengatasi rasa takut? Mungkin tips ini bisa sedikit membatu kita...

Beberapa hari yang lalu gw menonton video youtube dari bang Pandji, dia rutin membuat vlog mingguan yang berisi kegiatan dia ketika di New York Nah.

Trus di salah satu ceritanya, dia ketemu sama orang yang udah lama tinggal di New York buat cerita dan sharing sharing, sampai ada kata kata yang keluar "Lu tu harus melawan ketakutan lu".

Nah, kali ini gw mau bahas tentang hal itu, dan mungkin tulisan ini akan jadi tulisan yang singkat aja. Sambil jadi pengingat bagi diri gw yang selama ini masih menyimpan beberapa ketakutan yang belum bisa gw lawan.

Cara Mengatasi Rasa Takut

Rasa takut adalah hal yang wajar untuk dimiliki manusia, bahkan semua makhluk hidup.

Karena rasa takut itulah yang membuat kita survive dalam menjalani kehidupan ini. Tapi kadang juga ada rasa takut yang berlebihan yang kadang bisa menghambat perkembangan kita.

Sering kali rasa takut itu terbayang di pikiran kita sehingga membuat kita sulit untuk melangkah. Rasa takut yang seperti inilah yang seharusnya kita hadapi, dan beberapa hal berikut akan membuat kita lebih berani untuk melangkah lebih maju.

Tips nya dibagi menjadi dua, ketakutan yang sudah dan yang belum terjadi kepada kita.

Kejadian Yang Sudah Terjadi

Pertama kita cari tau dulu mengapa kita takut dengan hal yang sudah terjadi?

Ya karena output nya tidak menyenangkan, atau bahkan menyakitkan. Otak kita sebagai manusia kan merekam setiap kejadian yang terjadi di hidup kita.

Setiap kita terluka, akan menjadi sebuah ingatan yang tidak ingin kita ulangi. Karena gak pengen ngerasain hal itu lagi kan.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi ketakutan terhadap hal yang pernah kita lalui adalah dengan belajar dari kesalahan kita di masa lalu. Kita cari tau mengapa kita dulu gagal melakukan sesuatu.

Lalu kita perbaiki kesalahan tersebut agar di percobaan selanjutnya hasilnya berhasil, atau minimal lebih baik.

Dengan adanya progress tersebut, gw yakin kita akan menjadi lebih berani lagi karena mendapatkan hasil yang positif meskipun hanya perkembangan kecil. Tapi itulah proses yang harus kita lalui untuk menjadi lebih baik lagi.

Kejadian Yang Belum Terjadi

Sama hal nya tentang hal yang belum pernah terjadi kepada kita, apa yang membuat kita takut untuk malakukan nya?

Bisa jadi karena hasilnya gak jelas sehingga membuat pikiran kita overthinking dan menjadikan kita takut untuk melakukan nya. Cara yang bisa dilakukan untuk kondisi ini adalah...

Mempersiapkan diri, kita harus memiliki ilmu dan persiapan yang cukup untuk menghadapi suatu hal.

Kalau kita sudah belajar dan mempersiapkan diri, sepertinya kita akan menjadi lebih siap dan lebih berani untuk melangkah lebih maju lagi.

Kalau hasilnya tidak sesuai dengan harapan?

Yaaaa, balik ke point sebelumnya, kita harus belajar dari kesalahan sebelumnya dan memperbaiki diri di kesempaatan selanjutnya.

Penutup

Gitu aja mungkin tulisan kali ini, sekaligus reminder juga untuk diri gw secara pribadi. Untuk bisa lebih berani lagi memulai sesuatu yang mungkin menakutkan bagi gw sekarang.

Karena kita tidak akan tau hasilnya jika tidak memulianya, kalau memulai kita punya dua kemungkinan hasil yaitu menang atau kalah. Tapi kalau tidak memulai, kemungkinan nya cuma satu yaitu kalah.

Semoga bermanfaat juga untuk lu yang baca tulisan ini.

Kategori:Tips
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!