Home » Informasi » Apa Itu Vessel, Boat dan Ship

Apa Itu Vessel, Boat dan Ship


19 Februari 2024·Maulana Ahsan·3 min read


Vessel, boat dan ship apa sih pengertian nya? kata yang cukup asing untuk orang yang gak bergelut di bidang logistik...

Mungkin bagi kalian yang keseharian nya tidak berhubungan dengan dunia logistik, jarang sekali ada yang menggunakan istilah istilah seperti Vessel, Ship dan juga Boat.

Karena gw juga sebelum masuk ke perusahaan sekarang, taunya ya hanya kapal = ship.

Pas awal awal gw masuk kantor, banyak banget istilah dan bisnis proses yang harus gw pelajari demi kelancaran pekerjaan yang gw jalani sekarang. Setelah hampir 2 tahun berlalu, gw tiba tiba pengen sharing soal hal ini.

Dan mungkin saja kedepan nya gw bakal bahas hal hal lain di dunia logistik terutama di bidang kepelabuhanan, karena gw kerjanya di pelabuhan. Oke langsung saja gw mulai pembahasan nya.

Apa Itu Vessel, Boat dan Ship

Pembahasan nya mulai dari yang umum dulu, yaitu vessel. Setelah itu kita lanjut dengan pembahasan tentang ship dan boat.

Jenis Jenis Vessel

Vessel

Vessel artinya kapal / perahu secara umum, yaitu segala macam bentuk kendaraan / mesin yang digunakan untuk bepergian diatas air. Baik itu kapal besar ataupun kecil, menggunakan layar ataupun mesin, berjalan di sungai ataupun lautan samudra, untuk kebutuhan perniagaan atau kebutuhan lain, semua disebut dengan vessel.

Ship dan Boat adalah jenis jenis vessel.

Ship

Selanjutnya adalah Ship...

Ship ini mengacu pada kapal kapal yang memiliki ukuran dan kapasitas yang besar dan didesain untuk melintasi samudra, karena dengan ukuran dan kapasitas yang besar ini, Ship umumnya dugunakan untuk kebutuhan komersial karena mampu menampung muatan yang banyak, baik itu penumpang ataupun barang.

Ship juga biasanya digunakan untuk perjalanan yang jauh, beberapa contoh kapal yang merupakan category ship.

  • Kapal Petikemas (Container Ship)
  • Kapal Penumpang (Passanger Ship)
  • Kapal Tanker (Tanker)
  • Kapal Induk (Carrier Vessel)
  • Kapal Ro-Ro
  • Kapal LNG (LNG Carrier)
  • dan lain lain.

Kenapa di dunia logistik, pengiriman barang itu disebut dengan Shipping? Salah satunya karena pengiriman barang secara internasional biasanya melibatkan kapal kapal sebagai alat pengiriman dalam jumlah yang besar, yang akan disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Boat

Lalu yang terakhir adalah Boat...

Boat merujuk kepada perahu yang ukuran nya relatif lebih kecil dibandingkan dengan ship, karena ukuran dan muatan nya lebih kecil biasanya boat tidak digunakan untuk perjalanan jauh dan kebutuhan nya lebih beragam.

Biasanya boat digunakan untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lain, atau melintasi perairan darat seperti sungai. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan komersil seperti Tug Boat (Kapal Tunda). Beberapa jenis kapal yang masuk kedalam jenis boat.

  • Perahu Layar (Sail Boat)
  • Kapal Ferry yang biasa digunakan untuk menyeberangi selat
  • Kapal Nelayan (Fishing Boat)
  • Kapal Yatch (Kapal pribadi yang biasa untuk rekreasi)
  • dan lain lain.

Penutup

Udah gitu aja pembahasan gw kali ini tentang Pengertian Vessel, Ship dan Boat, semoga bermanfaat untuk lu.

Mungkin kedepan gw akan bahas beberapa hal juga tentang kepelabuhanan, karena menurut gw dunia logistik ini banyak hal menarik untuk dibahas, dan mungkin bisa jadi bermanfaat buat gw di masa depan.

Sampai jumpa di Tulisan Ahsan selanjutnya...

Kategori:Informasi
Maulana Ahsan Profile

Maulana Ahsan

Seorang pekerja kantoran yang menyukai anime, manga dan budaya Jepang.
Pemilik akun social media @kejepangan.


Suka dengan tulisan di Blog Tulisan Ahsan? Lu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan kamu!